Pengertian dan Kerugian Jika Komputer Anda Terinfeksi Virus

  • 1 min read
  • Jul 06, 2020

Apa sih Virus itu? Virus komputer adalah sebuah program (kode jahat) yang dirancang untuk merusak atau mencuri data dari sebuah komputer. Virus menyerang komputer melalui lampiran email, file yang diunduh di internet, transfer data antar flashdisk (media lainnya), jaringan komputer dan bahkan beberapa jenis script website juga bisa “menularkan” virus.

Biasanya Virus berbentuk file executable (file dengan extensi .exe), yakni sebuah file aplikasi yang harus dijalankan. Jadi  virus baru dapat berjalan ketika kita menjalankan/membuka program yang sudah terinfeksi virus tersebut. Jadi bisa dikatakan virus tidak dapat menyebar/menginfeksi komputer tanpa bantuan user.

Beberapa hal yang dapat disebabkan oleh virus diantaranya :

1. Virus biasanya dapat memperlambat kinerja komputer (lemot)

2. Menyebabkan kerusakan suatu program (program tidak bisa dijalankan)

3. Beberapa data yang tiba-tiba hilang (delete atau hidden)

4. Disablenya beberapa fungsi (menu option pada win explorer tidak muncul, klik kanan tidak bisa, dll)

5. Dalam jangka panjang virus juga dapat menyebabkan kerusakan Hardware (terjadi saat virus memaksa sebuah hardware bekerja di atas kemampuan hardware tersebut).

Untuk menghindari komputer kita terinfeksi/terserang virus kita harus waspada saat komputer kita berinteraksi atau terhubung dengan komputer lain. Selain itu kita juga harus berhati-hati saat mengunduh file dari internet, pastikan file yang kita unduh berasal dari sumber yang terpercaya. Satu lagi hal yang harus kita lakukan untuk melindungi atau membersihkan komputer dari virus yaitu dengan menginstall satu atau dua Antivirus pada komputer. Demikian pengertian singkat tentang Virus Komputer, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *