Tips Aman Transaksi Online – Cara Menghindari Penipuan Online

  • 2 min read
  • Jul 06, 2020

Anda gemar belanja online? Atau Anda baru akan berniat mencoba menjual/ membeli barang di internet? Stop!!! Luangkan waktu Anda sebentar untuk membaca tips singkat dari saya agar Anda terhindar dari tindak penipuan di dunia maya. Waspadalah para penipu online banyak berkeliaran di internet, jangankan seorang pemula, mereka yang sudah lama bergelut di dunia onlinepun (senior) ada juga yang masih tertipu. Saya sendiri juga pernah merasakan gak enaknya kena tipu, makanya saya menulis artikel ini agar teman-teman TEKNOLUP terhindar dari yang namanya penipuan online. 🙂 Untuk menghindarkan diri kita dari tindak kejahatan online ada beberapa tips dari saya, silakan dicermati dan kalau perlu dicatat yah :

1. COD (Cash On Delivery)

Bagi teman-teman yang belum tahu apa itu COD saya akan menjabarkan secara singkat pengertian COD. COD itu merupakan kepanjangan dari Cash On Delivery, kurang lebih artinya seperti ini, Penjual dan Pembeli janjian untuk ketemuan di suatu tempat, setelah ketemu pembeli menyerahkan uang dan penjual menyerahkan barangnya. Jadi gak ada yang akan ditipu.

2. Gunakan Rekening Bersama

Jika kita tidak percaya dengan seller (penjual) kita bisa negosiasi dan meminta untuk menggunakan jasa REKBER (Rekening Bersama).

3. Cari di Internet Tentang Reputasi Penjual

Untuk menghindari penipuan online biasakan Anda selalu mencari lebih dalam siapakah orang yang akan Anda ajak bertransaksi. Jika Anda punya nomor hape penjual Anda bisa googling dengan kata kunci no hp penjual, jika Anda punya no rekening penjual Anda bisa googling dengan nomor rekening tersebut. Lihat apakah no hp atau no rekening penjual punya reputasi buruk di internet. Kalau iya, ya udah jauh-jauh deh dari penjual tersebut.

4. Pilih Toko Online Yang “Bagus”

Kita harus lebih hati-hati dalam memilih penjual/ toko online yang akan kita ajak bertransaksi. Toko online yang dapat dipercaya (bukan toko online abal-abal) biasanya memiliki desain website yang bagus dan tidak asal-asalan, contact person yang jelas, customer service yang ramah, dan testimonial yang bagus dari para pembeli.

5. Rekomendasi Teman

Jika Anda mempunyai teman yang biasa melakukan jual beli online jangan ragu untuk meminta rekomendasi toko online dari teman Anda tersebut.

Demikian tips singkat dari saya tentang bagaimana cara aman bertransaksi di dunia maya. Ayo menjadi pembeli online yang cerdas agar tehindar dari tindak penipuan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *